Selasa, 08 November 2016

Kain Satin : Ketahui Pengertian, Proses Pembuatan dan Harga Terbaru

Berbicara tentang kain, maka tidak lengkap tentunya bila tidak mengulas salah satu jenis kain populer ini. Kain satin memang menjadi salah satu primadona di kelasnya. Namun ternyata, beberapa orang tidak bisa membedakan satin dengan jenis lainnya.

kain satin

Seperti apa pengertian satin itu?

Satin adalah salah satu jenis kain yang di tenun dengan teknik serat filamen, kain ini memiliki ciri kas yaitu permukaan kain yang licin dan mengkilap. Beberapa masyarakat kita menganggap satin dan sutra adalah kain yang sama, secara umum merekea memiliki ciri kas yang sama namun sebenarnya berbeda.

Filamen adalah jenis serat yang memiliki ukuran sangat panjang. Sedangkan breathable merupakan kemampuan kain untuk menyerap dan menyalurkan uap air dari material kain.
Perbedaan mendasar antara satin dan sutera adalah bahan yang digunakan, Satin ditenun menggunakan bahan dasar serat buatan (contoh polyster) sedangkan sutera bahan dasarnya merupakans erat alami dari ulat sutera.

Lalu Apa Perbedaan Paling Mencolok?

Pada sifat kedua kain tersebut, satin lebih cenderung mengkilat dan licin sedangkan sutera lebih halus dan ringan.


Informasi Seputar Kain Satin Sejarah dan Perkembangan

Awal mula jenis kain ini mulai di kenal adalah pada abad ke-20 di dataran eropa. Satin sendiri bukan merupakan nama resmi sebuah kain. Satin adalah teknik tenun yang ditujukan untuk mendapatkan permukaan kain mengkilap (glossy) dan berkilau sehingga tampak bercahaya, 

Hasil survey menunjukan mengapa para wanita menggemari jenis kain ini karena membuat mereka tampak lebih sensual, glamor dan feminim. Saat ini memang semakin banyak penggemar kain ini, dan jenis kain satin banyak digunakan untuk membuat bahan blus, kemeja, gamis, dan baju baju pesta. 

Salah satu pesaing berat kain ini adalah, kain katun meskipun tidak memiliki ciri kas yang mirip namun dua jenis kain ini sering menjadi pertimbangan utama sebagai bahan pakaian. Ingin tahu lebih banyak tentang katun, yuk baca ulasan dibawah ini.

Link : Kain Katun : Pengertian, Jenis dan Kelebihannya

Sudahkah pembaca mengetahui bagaimana proses pembuatan kain jenis satin ini, untuk menambah wawasan pastikan untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan hingga menghasilkan kain yang mengkilat dan glamor ini.

Proses dan Cara Pembuatan Kain Satin (Satin Fabric)

Berbicara tentang proses dan cara pembuatannya maka terlebih dahulu kita harus mengenal teknik "Satin Weave" atau teknik tenun satin. Teknik adalah sebuah cara menenun dengan tujuan menghasilkan permukaan kain yang nampak berkilau.

Proses menenun adalah proses pembentukan jalur dua benang yang saling menyilang, hal ini umumnya dikenal dengan istilah warp dan weft. Penenun indonesia lebih sering menyebutnya dengan benang lusi dan benang pakan.

Apa itu Warp dan Weft?

Warp (Benang Lusi) adalah proses benang yang disusun memanjang lurus secara vertikal.

Weft (Benang Pakan) adalah proses benang yang disusun melebar dari kanan ke kiri dan di susun secara horizontal. 

Kedua benang di atas akan saling menyilang satu sama lain hingga akhirnya terbentuk sebuah kain. Untuk mempermudah pemahaman simak gambar di bawah ini.

contoh warp dan weft
Gambaran Pola Warp dan Weft
Pada proses satin, untuk mendapatkan kain yang glossy adalah dengan menyilangkan sekurangnya 4 benang warp terhadap satu benang weft. Hal ini juga dapat dilakukan sebaliknya, yaitu dengan menyilangkan sekurangnya 4 benang weft terhadap 1 benang warp.

Pastikan untuk menggunakan permukaan benang yang berkilau sebagai face atau wajah benang (benang yang akan tampak di atas, atau wajah ebanng).

satin weave

Sebenarnya ada banyak jenis dan macam dari kain ini, setidaknya penulis pernah menuliskan 6 jenis kain satin.  Untuk yang ingin tahu lebih lengkapnya, yuk simak link berikut

jenis dan macam kain satinJenis jenis dan macam dari kain satin lengkap beserta cara menilai kualitas kain yang bagus. Ternyata ada jenis khusus yang sangat bagus untuk pakaian terutama gamis, sudah tahu apa saja?

Update Daftar Harga Kain Satin Terbaru Bulan Ini

Seperti yang penulis janjikan sebelumnya, disini akan di cantumkan daftar harga terbaru dari kain satin. Untuk catatan, bahwa harga tentu berbeda beda di setiap toko dan daerah namun harga yang tercantum disini dapat anda jadikan patokan harga dasar dari jenis kain satin.
MotifLebar (meter)Harga Rp. /Meter
Polos
1,50
23.000
Polos Elektrik 
1,15
27.000
Jaqcuard
1,15
49.000
Rang Rang
1,15
29.000
Kain BerMotif
1,50
35.000
Harga tentu dapat berubah sewaktu waktu, bila anda memiliki informasi harga terbaru anda dapat menuliskan pada artikel ini dan nantinya akan kami perbarui pada tabel daftar harga ini.

Ternyata selain untuk tujuan pembuatan pakaian, jenis kain ini juga dapat digunakan untuk membuat aksesoris. Seperti pada video di bawah ini. Membuat aksesoris berbentuk mawar menggunakan kain satin.


Semoga informasi pada artikel ini dapat bermanfaat dan khususnya menambah wawasan tentang kain satin. Memang satin menjadi salah satu primadona para wanita karena harganya yang terbilang terjangkau dan juga kesan yang diberikan pada pakaiaan yang dikenakan membuat para wanita tampak lebih cantik dan tampil percaya diri.


EmoticonEmoticon