Senin, 17 Oktober 2016

Kain Katun: Ulasan lengkap Tentang Jenis dan Kelebihan Katun



kain katun

Apakah anda sudah cukup tahu tentang berbagai jenis kain, terutama salah satu jenis paling terkenal yaitu kain katun.

Kain jenis ini ternyata merupakan jenis paling familiar yang sering kali kita dengarkan. Sudah sering dengar, namun ternyata masih tidak megnetahui detail jenis kain ini.

Bila tidak, maka ulasan ini akan memberikan pemahaman lebih tentang kain katun dan jenis jenisnya.

Apa Itu Kain Katun ? Apa Kelebihannya?

Kain Katun merupakan hasil produk tekstil dari bahan serat kapas. Serat kapas akan di pintal hingga menjadi benang untuk selanjutnya di tenun sampai akhirnya berbentuk kain.

Secara sederhananya adalah katun itu sendiri adalah tekstil yang di buat dari bahan serat kapas.
Salah satu kelebihan kain katun ini adalah dapat menghangatkan disaat dingin namun juga menyejukan ketika udara panas. Tidak jarang kita dengar bahwa kain katun tidak panas di gunakan namun juga tidak membuat kedinginan tubuh kita.

Kain katun memang banyak digunakan sebagai bahan dasar pakaian kita sehari hari, beberapa jenis pakaian yang memakain bahan ini adlaah kaos, kemeja, atuapun dress dan berbagai jenis busana lainnya.

Sebelum dikenal dengan istilah kain katun, kain jenis ini sering disebut dengan kain cotton, istilah tersebut tentu di ambil dari bahasa inggrinsya cotton yang berarti kapas (Bahasa latin : Gossypium).
Sebenarnya kini telah ada teknologi serat sintetis yaitu sebuah teknologi yang diharapkan untuk menjadi pengganti bahan baku serat kapas. Namun hingga detik ini masih tidak ada yang berani meng klaim bahwa bahan serat sintetis memiliki kualitas yang sama bahkan lebih baik dari serat kapas.

Faktanya hingga detik ini serat kapas masih menjadi bahan baku utama produksi tekstil.

Berbagai Jenis Jenis Kain Katun

Katun berasal dari kapas, lalu apalah semua katun sama?

Mungkin pertanyaan di atas juga pernah muncul di benak anda, dan ternyata kain katun itu sendiri beragam jenisnya. Bahkan terllau banyak untuk di ulas dan di bahas satu per satu pada artikel ini.
Setidaknya terdapat 8 jenis kain katun yang cukup dikenal dan banyak digunakan, apa saja ke-8 jenis tersebut simak ulasan lengkapnya.

kain katun kombed
Jenis Kain Katun Kombed (Combed)

1. Kain Katun Kombed ( Combed )
Jenis kain ini mungkin yang paling umum bahkan paling sering kita gunakan tanpa di sadari. Jenis combed merupakan jenis kain yang umumnya digunakan pada kaos.
Bahannya terkenal dengan kehalusannya, lembut dan juga daya serap keringat yang baik. Memang kebanyakan distro memilih menggunakan jenis kain ini karena selain tingginya minat pasar karena kualitas bahan dan kenyamanan penggunaan sebagai kaos.
Perlu juga di ketahui, ada 3 jenis kombed yaitu :
  • Combed 24s, cukup tebal dan harga lebih murah disbanding 30s
  • Combed 30s, Ketebalan sedang dan jenis yang paling banyak digunakan
  • Combed 40s, paling tipis namun harganya cukup mahal bila dibandingkan kedua jenis di atas.

2. Kain Katun Carded
Selain combed ternyata juga masih ada jenis yang umum digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kaos. Kain katun carded dapat menjadi pilihan lain bagi pecinta dan pengusaha kaos.
Apa perbedaan dengan combed?
Perbedaan mendasar yaitu pada proses pembuatannya. Kain combed di buat dengan proses sisir (combing), setelah itu akan dipilih serat serat panjang yang dijadikan sebagai benang. Pada jenis carded, proses pembuatan yaitu dengan system garuk, hasil dari proses ini tidak sehalus jenis sisir.
Gambar di bawah akan menjelaskan perbedaan kedua jenis kain tersebut.
Untuk jenisnya, sama dengan di atas yaitu terdapat jenis 24s, 30s dan juga 40s. Memang yang membedakan hanya kehalusannya saja, namun tentu kain ini tetap akan menghasilkan kaos berkualitas yang tidak kalah dengan combed.

3.Kain Katun Silk
Katun silk sebenarnya nama lain dari katun sutra yang merupakan hasil proses dari penggabungan dua serat alami yaitu serat sutra (silk) dan serat kepompong ulat sutra. Katun jenis ini memiliki tektur yang lembut dan halus, permukaannya licin dan tergolong lebih ringan bila dibandingkan dengan dua di atas.

4. Kain Katun Spandek.
Berbeda dengan silk, jenis ini menggabungkan dua jenis bahan dasar namun penggabungannya adalah antara serat kapas dengan serat buatan (jenis spandex atau lycra). Kelebihan jenis ini yaitu daya elastisitas yang lebih baik dan semakin banyak serat spandex yang digunakan semakin elastis pula kainnya.

5. Kain Katun Rayon
Seperti spandex, jenis rayon menggabungkan dua bahan dasar yaitu serat kapas dan juga serat semi sintetis jenis rayon. Jenis kain ini memiliki ciri kas yaitu kain lebih bercahaya, berkilau, lebih crispness dan terasa lebih lembut dibanding kain katun asli (tanpa campuran lainnya).

6. Kain Katun Sateen
Kain jenis ini sama dengan katun pada umumnya (katun biasa), namun yang membedakan adalah proses pembuatannya dengan penenunan cara satin. Jenis kain ini memiliki cirikas seperti permukaan yang berkilau dan mengkilap bila dibanding katun biasa.

7. Kain Katun Denim
Mendengar kata denim maka kita akan teringat dengan celana jeans, levis dan jenis lainnya. Denim memang merupakan jenis kain yang paling banyak digunakan untuk bahan dasar pembuatan celana.
Bila di Tanya seperti apa kain denim ini, tentu anda dapat melihat celana jeans anda sekarang juga. Seperti itulah kain denim.

8. Kain Katun Jepang
Kain katun jepang, memang cukup unik dan menjadi favorit muslimah dan wanita wanita pada umumnya. Jenis kain ini meamng banyak digemari karena memiliki motif dan corak yang beragam sehingga terasa lebih colorfull, cerah dan cantik.
Beberapa motif yang paling umum di gunakan adalah motif bunga bunga, kombinasi penggunaan warna dan motif bunga membuat banyak wanita jatuh cinta pada jenis kain ini.

9. Kain Katun Flanel.
Tentu anda pasti pernah melihat atau bahkan menggunakan kemeja kotak kotak, bila iya maka kain jenis flannel sudah pernah anda gunakan ataupun lihat. Ciri kas kain ini memang sedikit tebal dan juga berbulu namun saat dicoba untuk di pegang ternyata sangat lembut.
Kain Flanel ini memiliki nama lain yaitu flannel yarn dyed. Proses pengerjaannya, umumnya benang bahan kain di celupkan dulu atau diberi pewarna terlebih dahulu sebelum memasuki proses tenun.

Kain Katun Paling Bagus Terbaik.

Untuk pembahasan mana kain yang terbaik dan terbagus tentu didasarkan pada fungsi dan tujuannya. Tentu bila anda bertujuan untuk membuat celana maka jenis denim sudah terbukti dan paling sesuai untuk digunakan. Bila ingin membuat kaos maka jenis carded dan kombed menjadi pilihan baik bagi anda.

Ingin tahu daftar harga terbaru seputar kain katun, dengan berbagai jenis dan motif baik per meter ataupun yard. Simak artikel berikut ini.

Harga Kain Katun Terbaru Bulan Ini

Jadi setiap kain memang memiliki fungsi nya tersendiri, namun bukan tidak mungkin denim untuk dijadikan kaos, ataupun kain carded untuk menjadi celana. Namun tentu hal ini butuh kreatifitas lebih agar tetap laku di pasaran,

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan lebih tentang jenis kain ini.


This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon